Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Tips Cara Sukses Ujian Nasional

Selasa, 23 Oktober 2012

Tak terasa Ujian Nasional (UN) bagi siswa SMA, SMK, MA, SMP,MTs dan SD, MI sudah di depan mata, berikut ini Tips Cara Sukses Ujian Nasional. Apa saja yang perlu kita persiapkan dengan baik untuk menghadapi Ujian Nasional? Tentunya, agar kita dapat melewati hari-hari Ujian Nasional dengan baik, kita harus melakukan persiapan mulai mental, kesehatan dan kemampuan otak agar dalam pelaksanaan UN nanti bisa berhasilsecara maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Nah, simak beberapa tips berikut ini.
Oke langsung saja berikut ini Tips Cara Sukses Ujian Nasional :
 1.    Persiapkan Diri
Belajar adalah kunci mutlak pertama dalam menghadapi ujian. Sebaiknya kita belajar sejak dini dan sering mengikuti Pra Ujian/Try Out. Kita juga dapat berlatih menyelesaikan soal-soal ujian yang ada dibuku kisi-kisi UN, sehingga kita lebih mantap dan siap dalam menghadapi UN.
2.    Ukur Kemampuan
Siswa harus bisa mengetahui seberapa kemampuan diri. Jika kita mengetahui kemampuan dan kelemahan dalam suatu materi pelajaran, maka disarankan agar lebih giat lagi belajarnya.
3.    Menjaga Kesehatan tubuh
Kesehatan tubuh merupakan modal yang sangat penting untuk kita bisa melakukan aktivitas, termasuk belajar. Oleh sebab itu sudah semestinya siswa selalu menjaga kesehatan, sehingga ketika ujian nanti, tubuh kita dalam kondisi sehat, segar, dan fit. Jam tidur juga harus diperhatikan, jangansampai kurang, serta kita perlu mengonsumsi makanan bergizi, dan jangan lupa berolahraga secara teratur.
Ujian Nasional Tips Cara Sukses Ujian Nasional
Tips Cara Sukses Ujian Nasional
4.    Siapkan peralatan ujian dengan baik
Pastikan peralatan ujian yang kita butuhkan antara lain pensil 2B, penghapus, alas, rautan, dll, sudah lengkap di dalam tas sekolah kita. Akan lebih baik jika kita membawa pensil dan penghapus lebih dari satu.
5.    Datang Lebih Awal
Kita perlu datang minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan. Dengan datang awal, kita akan punya waktu mempersiapkan mental dan fisik untuk ujian. Ini juga akan membantu kita lebih berkonsentrasi selama mengerjakan ujian.
6.    Tenang dan Percaya diri
Biasakan untuk percaya diri dan tenang, serta berdoa sebelum memulai ujian. Dengan berdoa kita akan lebih nyaman dan memiliki ketenangan saat ujian.
7.    Jangan Tegang
Memang dalam menghadapi ujian kita kerap merasa tegang. Tetapi lebih baik dibawa santai saja dalam mengerjakan setiap soal, sebab kondisi tegang saat ujian akan merusak konsentrasi.
8.    Membaca Perintah Ujian
Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru, sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soal, dapat membuat kita salah dalam memberi atau memilih jawaban.
9.    Seleksi Soal
Dahulukan soal yang kita anggap mudah, ini akan membantu kita untuk mengefisiensikan waktu. Kita dapat dengan cepat mengerjakan soal-soal yang sudah kita pahami. Dengan demikian kita akan memiliki waktu yang cukup banyak saat mengerjakan soal yang kita rasa agak sulit. Dengan memahami soal dengan baik, kita akan dapat memberikan jawaban dengan baik pula.
10. Hati-hati dalam Mengisi
Lembar Jawaban Untuk soal pilihan ganda abaikan jawaban yang salah, jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kita tidak mengetahuinya secara pasti. Untuk soal ujian esai pikirkan dulu jawaban sebelum menjawab, jika perlu buatlah kerangka singkat dengan mencatat beberapa ide yang ingin ditulis. Selain itu tulisan kata demi kata usahakan dapat terbaca dengan jelas. Jangan penuhi lembar jawaban dengan coretan-coretan, sehingga lembar jawaban kotor atau berlubang.
11. Koreksi Kembali Jawaban Soal
Periksa kembali jawaban yang sudah kita tulis, hingga bila masih ada kekurangan, kita dapat dengan segera memperbaiki jawaban.
12. Jangan Terburu-buru
Jangan pernah mengerjakan ujian dengan terburu-buru atau tergesa-gesa, ini bisa menyebabkan jawaban ujian tidak maksimal, kalau sudah selesai mengerjakan pun jangan terburu-buru untuk meninggalkan ruangan, pergunakan sisa waktu untuk memeriksa kembali jawabanmu.
13. Tutup dengan Doa
Sebagaimana kita berdoa saat memulai ujian,berdoalah juga setelah selesai mengerjakan ujian. Semoga semua pelajar kelas 6 diberi kemudahan saat mengerjakan soal UN. Sukses menyertai semuanya!
Demikian artikel tentang Tips Cara Sukses Ujian Nasional, Semoga bermanfaat

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya