Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat

Selasa, 23 Oktober 2012

kopling mobil 300x201 Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat
Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat
Berikut ini Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat yang bisa anda pelajari. Menginjak pedal kopling yang terasa berat tidak akan pernah dirasakan pengemudi mobil bertranmisi otomatis. Namun bagi pengguna mobil manual, kondisi itu bisa saja terjadi. Apalagi mobil yang dikendarai termasuk mobil tua.
Seringnya menginjak dan nelepaskan kopling, tentu akan srasa capek. Namun apa boleh buat, menginjak kopling yang berfungsi ntuk menjadikan setiap pemindahan gigi mulus tetap diperlukan.
Menurut ahli teknik, ada tiga hal yang  mengaruhi beratnya injakan kopling. Pertama, besarnya beban yang mau dipindahkan sehingga per penekan plat kopling yang ada di cluth cover dibuat lebih keras supaya kopling tidak slip.
Kopling seperti ini ditemukan pada jenis truk atau bus besar. Hal ini tidak dapat dihindari karena sudah diperhitungkan pabrik. Kalau tekanan per kopling dikurangi, bisa mengakibatkan kopling slip.
Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat yang kedua yaitu jarak tekan terlalu besar sehingga pengemudi cenderung menekan jauh ke dalam. Ini diakibatkan stelan terlalu stut, free play terlalu kecil. Stelan kopling yang baik ditandai dengan waktu kopling yang pas pula. Terutama saat ditekan sampai rapat ke lantai.
Kemudian gigi transmisi dimasukkan dan kopling diangkat. Mobil pun sudah bergerak sebelum mencapai 50% jarak pedal kopling. Dengan cara ini, di samping tekanan kaki lebih ringan juga plat kopling lebih awet dan tidak gampang slip.
Ketiga, clutch cover (blindes) sudah lama sehingga per penekan plat kopling sudah mati. Kalau semua bagian dikopling dalam kondisi baik, dapat dipastikan injakannya tidak terlalu berat. Dengan mengganti clutch cover baru biasanya keluhan teratasi.
Di bagian kopling juga ada release bearing dan pilot bearing. Jika bagian ini rusak, kendaraan akan tidak nyaman. Kalau ditemukan ada suara kasar saat menginjak kopling, segera periksa. Jangan membiarkan gejala itu berlanjut, karena dapat merusak fly wheel (roda gila).
Sistem kopling tidak gampang rusak kalau digunakan secara benar. Pengemudi sebaiknya tidak meletakkan kaki di atas pedal kopling selama mobil berjalan. Karena akan mempercepat keausan release bearing dan plat kopling. Membongkar bagian ini sulit dan butuh biaya besar. Maka, saat mengganti plat kopling, disarankan juga memeriksa cluth cover dan release bearing. Apakah bagian ini juga perlu diganti. Demikian Tips Cara Mengatasi Kopling Keras dan Berat semoga bermanfaat

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya